Bambang Tri Utomo - SMKN 2 Singosari

Rekayasa perangkat lunak (RPL)

Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa inggris : Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Rekayasa perangkat lunak (RPL)
IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.

rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.

Kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:
  1. Dapat terur dirawat dan dipelihara(maintainability)
  2. Dapat mengikuti perkembangan teknologi(dependabhlity)
  3. Dapat mengikuti keinginan pengguna(robust)
  4. Efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
  5. Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan(usability)
Berikut merupakan kompetensi keahlian RPL yang ada di SMKN 2 Singosari :
  1. Merakit Personal Komputer
  2. Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar
  3. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
  4. Menerapkan teknik elektronika analog dan digital dasar
  5. Menerapkan algoritma pemrograman tingkat dasar
  6. Menerapkan algoritma pemrograman tingkat lanjut
  7. Membuat basis data
  8. Menerapkan aplikasi basis data
  9. Memahami pemrograman visual berbasis desktop
  10. Membuat paket software aplikasi berbasis desktop
  11. Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer
  12. Menerapkan bahasa pemrograman SQL tingkat dasar
  13. Menerapkan bahasa pemrograman SQL tingkat lanjut
  14. Menerapkan dasar-dasar pembuatan web statis tingkat dasar
  15. Membuat halaman web dinamis tingkat dasar
  16. Membuat halaman web dinamis tingkat lanjut
  17. Merancang aplikasi teks dan desktop berbasis objek
  18. Menggunakan bahasa pemrograman berorientasi objek
  19. Merancang program aplikasi web berbasis objek
  20. Membuat aplikasi basis data menggunakan SQL
  21. Mengintegrasikan basis data dengan sebuah web
  22. Membuat program basis data
  23. Membuat aplikasi web berbasis JSP


Recommended Posts :

0 komentar:

Posting Komentar - Back to Content

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

 
© Copyright Aku GALAU 2012 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Bambang Not Alone | Berita Terbaru